• SDN 01 DOMPU
  • Loa Ra Tingi Mboto Dou Di Ma Tengi

Cina Luncurkan Pendidikan AI bagi Siswa SD dan Sekolah Menengah, Seperti Apa?

Kementerian Pendidikan Cina meluncurkan kampanye Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan pendidikan. Adapun kampanye ini berfokus pada empat langkah spesifik. Apa saja?

Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Cina termasuk peluncuran kolom "pembelajaran AI" pada platform pendidikan cerdas di negara tersebut. Nantinya, para ahli akan mendiskusikan dan mengajarkan teknologi AI dan membangun platform pertukaran internasional untuk pendidikan digital.

Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan penerapan pengajaran dan pembelajaran terintegrasi melalui AI, meningkatkan literasi dan keterampilan pendidikan digital, serta menstandarisasi etika ilmiah penerapan AI.

Program percontohan penerapan platform pendidikan ini akan diterapkan untuk sekolah dasar dan menengah di berbagai wilayah seperti Guangdong, Hainan, Xizang, Qinghai, Ningxia, dan Xinjiang, seperti dilansir dari Xinhua Net.
Respon Perkembangan AI

AI dan manajemen big data telah menjadi jurusan baru yang populer di universitas-universitas Cina. Hal ini sesuai dengan tujuan untuk menumbuhkan talenta yang dapat beradaptasi dengan era digital.

Diperkirakan bahwa AI akan membawa perubahan signifikan di pasar kerja masa depan. Menurut Xiong Bingqi, direktur Institut Penelitian Pendidikan Abad 21, menyesuaikan pendidikan sekolah dengan menambahkan jurusan dan kursus baru saja tidak cukup.

"Pendidikan harus beralih dari mengajar siswa untuk memperoleh pengetahuan menjadi mengajari mereka cara belajar, berinovasi, dan berkreasi," kata Xiong dalam Global Times, dikutip Minggu (31/3/2024). 

Zhang, guru dari SMA Shanghai Luwan, mengatakan bahwa pelatihan insentif akan bermanfaat untuk membina lebih banyak guru dalam pendidikan AI.

Ding, wakil kepala sekolah, juga berpendapat bahwa sekolah mereka akan mendorong para guru untuk mengambil setiap kesempatan untuk melatih pengajaran AI.

Tulisan Lainnya
Kemendikbudristek Pastikan Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

Jakarta, 1 April 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib disediakan oleh satuan pend

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 54 kali
Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Jakarta, 27 Maret 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua murid.

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 44 kali
Hebat! Siswa SD Lampung Ini Buat Puluhan Game, Ada yang Bertema Pancasila

Fitria Khasanah adalah siswa kelas 6 SD di Lampung yang berhasil membuat puluhan game. Dua di antaranya adalah game edukasi bertema seputar Lampung dan Pancasila. Game tersebut bernama

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 35 kali
Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Jakarta, 27 Maret 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua murid.

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 60 kali